Laman

Memilih Burung Kenari Bahan ( Bakalan )

Memiliki kenari yang gacor dan berpenampilan menarik merupakan harapan setiap penggemar burung kenari. Rasanya jauh lebih bangga jika burung tersebut merupakan hasil upaya sendiri sejak awal, mulai dari memilih bakalan, merawat dan melatihnya. Untuk itu disini akan diuraikan ciri-ciri kenari bakalan yang unggul yang mempunyai masa depan yang baik.





1. Perilaku
Kenari bakalan yang dipilih harus mempunyai perilaku yang agresif, yaitu lincah dalam berkicau dan sering bergerak atau tidak mengenal tempat untuk berkicau. Kenari bakalan yang dipilih juga harus rajin bunyi, hal in menandakan bahwa kenari tersebut sehat dan mempunyai mental fighter yang baik.


2. Dasar suara
Bakalan kenari yang dipilih harus mempunyai volume suara yang baik yaitu besar, tajam, tebal dan ngeroll terutama untuk kenari jenis Holland dan Yorkshire. Sebaiknya dihindari membeli bakalan yang sebagian variasi suara yang serak-serak basah.


3. Leher Jenjang
Kenari yang mempunyai leher jenjang biasanya memiliki suara yang ngeroll panjang. Disamping itu dalam memilih kenari, hal yang harus diperhatikan adalah kenari yang selalu menggelembungkan lehernya setiap kali berkicau. Jika lehernya pendek selain kurang menarik saat berkicau juga mempunyai kelemahan suara yang kurang panjang atau terputus-putus.


4. Paruh
Ukuran dan bentuk paruh berkaitan erat dengan type suara yang dimiliki burung kenari. Walaupun cukup sulit untuk membedakannya tetapi diusahakan untuk kenari lapangan dipilih yang mempunyai paruh yang agak panjang. Kenari yang mempunyai paruh agak panjang biasanya mempunyai suara yang keras dan tajam. Tetapi jika untuk didengarkan didalam rumah dipilih kenari yang mempunyai paruh yang pendek saja, karena suaranya pelan atau kurang keras, tetapi suaranya bervariasi.


www. pesonakenari.com

Burung Pleci Agar Cepat Bunyi

Kebanggaan mempunyai Burung Pleci atau cic kacamata ( perci ) tidak terbatas atau berhenti saat kita bisa membelinya saja, namun rasa bangga ini harus disertai dengan kemauan untuk merawatnya dengan baik agar Pleci yang kita miliki mempunyai suara yang patut dibanggakan.

Masa rawatan kurang dari 3 tahun masih memungkinkan bagi kita untuk bisa membenahinya (walaupun tidak semuanya bisa kita benahi). Lebih dari 3 tahun, maka kemungkinan memperbaiki kualitas suaranya akan relatif kecil.




Berikut langkah-langkah konkret yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki kualitas suara Pleci


1. Benahi Terlebih Dahulu Kondisi Fisiknya

Salah satu penyebab kurang baiknya suara Pleci adalah faktor buruknya kondisi fisik burung itu sendiri. Oleh karenanya, perbaikan fisik ini menempati prioritas utama yang harus sesegera mungkin diperhatikan dan diupayakan. Perbaikan kondisi fisik ini dapat dilakukan melalui cara memberikan makanan alami/makanan hidup/EF sedikit lebih banyak dari biasanya. Makanan buatan/pelet/voer walaupun sudah baik, bilamana memungkinkan kita oplos lagi dengan madu, telur lalu dijemur sampai kering.

Mandi sesering mungkin yang mempunyai tujuan untuk meredakan stress, memperbaiki penampilan (bulu) serta membuat kicaunnya lebih rajin dan lebih bening.


2. Pengembunan

Adalah menempatkan Pleci di luar rumah. Biasanya dilakukan menjelang fajar/matahari terbit. Namun bilamana masih kurang rajin, bisa dilakukan sejak sore hari dalam kondisi dikerodong hingga besok paginya menjelang fajar kerodongnya dibuka agar bisa melihat matahari terbit.

Hal ini juga dapat dilakukan pada Pleci anakan, bakalan, maupun yang telah rajin berkicau agar lebih rajin berkicau serta membuat suaranya lebih bening.


3. Pertemukan Dengan Satu Jenis Kelamin atau juga bisa dengan lawan jenisnya / memasangkan kemudian pisahkan agar saling bersahutan.

Ini bertujuan untuk merangsang Pleci agar lebih rajin berkicau hingga pada muaranya akan berkicau dengan lantang. Hal ini didasari bahwa di alam bebasnya, Pleci berkicau bersahut-sahutan.

Bila mempertemukan dengan lawan jenisnya jelas sudah artiannya, yaitu mempertemukan jantan dengan betina dan sebaliknya. Namun bila memasangkan, bisa berarti mempertemukan jantan dengan jantan (tapi tidak bisa disatukan dalam 1 sangkar) dikarenakan mereka saling menjaga teritorialnya sehingga berupaya berkicau sebaik mungkin.


( Ciri suara PLECI yang baik untuk dipasangkan )

Karakter yang dimiliki PLECI berbeda 1 dengan yang lainnya. Ada juga PLECI yang rajin berkicau walau sendirian. Namun ini jarang kita jumpai karena pada dasarnya burung ini adalah burung koloni, tetapi ada juga yang suka berkicau bilamana terpancing dengan PLECI atau burung pendamping lainnya.

Ciri-ciri burung yang mudah dipasangkan adalah yang memiliki suara yang mudah memancing burung sejenisnya untuk berkicau. Suara yang dikicaukan cenderung lembut/tidak terlalu keras dan ada kesan ditahan-tahan. Akan tetapi bila ada Pleci lain yang menyambut suaranya, maka Pleci tersebut akan lebih mengeraskan suara dan kecepatannya.


4. Dekatkan Dengan Sumber Air ( Suara Gemercik Air )

Pada habitat aslinya, PLECI selalu berada disekitaran tempat yang dekat dengan sumber air. Air selain menjadi pemenuh kebutuhan hidup Pleci juga berfungsi sebagai tempat mandi, mencari makanan dan berkumpul maupun bercengkrama pada saat musim kawin tiba. 

Pada saat kita pelihara/menjadi klangenan, disarnkan kita menempatkan sangkarnya dekat dengan sumber air maupun suara air yang mengalir. Bisa dekat kolam, empang, akuarium, ataupun kamar mandi.. tapi yang jelas tidak dekat dengan dispenser lho hehehehehehe.. sorry dikit oot biar gak tegang terus.


5. Dekatkan Dengan Burung-burung Yang Bersuara Baik

Burung-burung yang dimaksud adalah burung-burung yang memiliki kicauan yang secara irama hampir mirip dan menyerupai Pleci agar lebih rajin berkicau. Sebenarnya, Memacu Pleci untuk berkicau adalah dengan memelihara lebih dari 1 ekor, namun bilamana kurang memungkinkan, kita bisa memelihara beberapa burung yang nada suaranya hampir mirip pleci sebagai bandul untuk memancing minatnya berkicau, contoh : BT, mozambiq, kenari, pare-pare dll.


Pemberian pakan yang baik dan teratur bisa membuat Pleci menjadi rajin berkicau

sumber : http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?54093

Informasi Agar Burung Rajin Berkicau

Mempunyai beberapa burung ocehan atau burung berkicau tidak terbatas atau berhenti saat kita bisa membelinya saja, namun rasa bangga ini harus disertai dengan kemauan untuk merawatnya dengan baik agar burung-burung tersebut yang kita miliki mempunyai suara yang patut dibanggakan. 

Salah satu hal yang menjengkelkan bagi pecinta burung adalah burung tidak mau bunyi. Mungkin beberapa tips ini bisa memberikan obat buat anda yang lagi bingung mencari jawaban permasalahan tersebut.





Tips agar Burung Dapat Rajin Bunyi diantaranya :

1. Pastikan burung anda dalam keadaan sehat. Hal itu dapat dilihat dari tingkah laku dan kotoran burung tersebut. Burung Pleci yang sehat berperilaku agak liar dan tidak malas. Sedangkan kotoran burung yang sehat yaitu tidak encer /mencret dan berwarna sesuai makanannya. Bila diberi makan pelet hijau maka kotoran harus hijau bukan putih.

2. Jemur burung 1/2-1 jam antara mulai jam 7-9 pagi setiap hari supaya burung tidak kutuan dan bisa bergerak lincah. Sediakan air yang cukup untuk mandi atau mandikan dulu baru dijemur.

3. Pastikan setiap hari burung memakan extra fooding berupa ulat atau kroto. Tapi saya sarankan kasih kroto ½ sdt pagi dan sedikit UH atau 1 UK yg putih saja untuk menghangatkan badan. Pemberian extra fooding yang berlebihan membuat burung sangat birahi dan bulunya menjadi kusam bahkan tak jarang ambrol.

4. Carikan pasangan yg baik untuk merangsang berkicau (saling memanggil bersahutan) tetapi jangan yang betul betul jadi karena secara mental burung kita pasti kalah dan justru akan jadi macet.

5. Tambahkan mineral/vitamin 1 minggu 1x-2x pada air minum dan ganti airnya setiap hari.

http://www.kicaumania.org

Trik Dan Tips Memilih Burung Di Pasar

Kali ini saya mau berbagi informasi atau tips tentang bagaimana cara membeli dan memilih burung secara bijak, baik kepada teman sendiri ataupun dipasar ataupun juga datang kepada peternak langsung.

Sama halnya seperti kita pada saat akan membeli barang, membeli hewan peliharaan pun baik itu burung dan hewan peliharaan lainnya kita mesti membutuhkan ketelitian, kesabaran dan keyakinan serta jeli dalam memilih burung, ( maaf ) apalagi bagi para pemula yang baru mempunyai hobi memelihara burung berkicau.



Kita harus tahu betul dalam memilih burung dan kita harus menentukan, apa tujuan kita membeli dan memelihara burung tersebut? apakah hanya sekedar mengikuti teman atau tetangga yang sedang ramai mempunyai burung atau juga hanya  sekedar mengisi waktu kosong? atau memenuhi kesenangan kita ( koleksi burung ), atau hobi, atau untuk mengikuti lomba burung / kontes..?

Baik dari semua beberapa yang saya sebutkan diatas dalam memilih burung, ada langkah-langkah dan pertimbangan yang mungkin dapat digunakan sebagai pedoman dalam membeli burung, diataranya yaitu:

  • Sebelum membeli burung, ada baiknya anda bertanya dahulu kepada teman-teman anda yang terdekat yang mungkin lebih mengetahui tentang burung baik itu burung yang untuk dilombakan atau sekedar burung untuk di rumah.
  • Heheheh….cari penjual burung yang benar dan jujur dunia akherat, penjual  burung yang jujur dia akan memberitahukan kwalitas burung dan kondisi burung yang akan dijualnya dan bisa juga dia akan memberitahukan asal muasal dan sifat-sifat burung tersebut yang akan dijualnya.
  • Pastikan Jenis kelamin ( jantan ) burung yang akan dibeli, karena jika anda ingin burung tersebut pada suatu saat akan dilombakan, karena itu bawalah teman terdekat anda yang mengetahui lebih banyak dalam perburungan pada saat akan membeli burung.
  • Untuk pehobi burung rumahan juga perlu memperhatikan suara dari burung yang akan dibeli, baik itu volume, variasi dan mungkin juga irama lagu dan bentuk fisik burung ini juga perlu diperhatikan agar tidak menyesal sesampainya dirumah.
  • Yang terakhir pertimbangan dalam membeli dan memilih burung yang harus diperhatikan adalah, burung harus sehat, burung sehat cenderung dia akan agresif dalam arti dia melakukan banyak gerakan ( Lincah ) serta jika berkicau suaranya akan terdengar sangat keras dan tajam ( setajam silet, =yang kemarin mengiris jari saya ampe berdarah-darah..wakakaak )artinya si burung tidak diam dan membisu.
  • Dan mungkin masih banyak lagi kriteria-kriteria sebelum membeli dan  memilih burung secara bijak, karena yang penting dalam memilih dan membeli burung kita harus teliti, jeli dan banyak bertanya kepada para pakar burung, dan carilah penjual yang jujur ( jujur kacang ijo ) dan dalam segi nonteknisnya adalah : SESUAIKAN dengan ISI DOMPET ANDA SEBELUM MEMILIH DAN MEMBELI BURUNG….istilahnya ada uang ada barang, sama dengan hal lain dalam membeli barang, ” barang kualitas bagus harganyapun bagus “, begitu juga berlaku pada burung. ” burung istimewa harganyapun istemewa “,

Sejarah Fumayin

Jelas bahwa fumayin telah ada selama periode waktu yang panjang. Bahkan bisa menjadi salah satu tanaman yang pertama dibudidayakan. Fumayin digunakan untuk membuat kertas, pakaian, tali dan minyak untuk lampu.

Galen pada abad kedua mencatat bahwa bibit fumayin atau hemp seeds ada yang digoreng dan dimakan sebagai makanan penutup. Pada tahun 1950, para wanita dari Suku Soho di Afrika Selatan meberikan fumayin untuk anak-anak ketika mereka disapih. 



Hidangan ini disebut meali-smear. Di India, fumayin ditekan untuk memasok minyak meja, dan di Rusia, fumayin dibuat menjadi semacam margarin atau mentega.

Di Eropa, para bhikkhu pernah dibuatkan menu makanan dari fumayin setiap hari, baik dalam betuk bubur ataupun sup. Orang-orang Lithuania dan orang Polandia juga suka menyantap sup fumayin yang disebut semieniatka. Hal yang hampir sama juga dilakukan orang-orang Latvia dan Ukraina. 

Di Cina, para petani di utara mengkonsumsi biji fumayin. Biji fumayin juga tercatat sebagai makanan selama terjadinya kelaparan pada akhir Perang Dunia II. Hal itu sama juga yang terjadi selama masa petaka kelaparan di Australia pada abad ke-19.  

(Dari berbagai sumber)

Biji Fumayin - HempSeed Dan Kegunaannya

Dua ribu tahun yang lalu, orang-orang Romawi membawa hemp seeds atau fumayin ke Inggris. Biji fumayin, keluarga canabis sativa, dapat tumbuh meski hanya dalam jumlah kecil dan tanpa pupuk, juga tanpa perlu pestisida. 

Fumayin memiliki semua asam amino dan asam lemak yang tubuh tidak dapat memproduksinya (yang diklasifikasikan sebagai 'esensial') yang dibutuhkan untuk mempertahankan tubuh agar sehat. Tidak ada tanaman lain memiliki asam amino yang sama dalam bentuk yang mudah dicerna, maupun asam lemak dengan rasio yang sehat yang memenuhi kebutuhan manusia.



Fumayin juga memiliki jejak kalsium, fosfor, mangan, besi, seng, dan magnesium. Hemp seed juga mengandung vitamin seperti A, D, dan K dan A yang dipekaya vitamin B. Itu adalah kelompok makanan bebas gluten. Kadar seratnya tinggi dan bijiannya bisa digunakan untuk mengobati wasir dan sembelit di sejumlah negara Asia. Ketika dioleskan, minyak fumayin berguna untuk membantu pemulihan kulit berjerawat, kulit yang rusak karena sinar matahari dan kulit keriput.


Fumayin dan Asam Lemak Esensial

Bagian 30-35% fumayin adalah minyak nabati. Minyaknya yang terdiri dari 80% minyak yang baik, yakni asam lemak esensial (EFA). Asam lemak esensial sangat diperlukan karena tubuh tidak mampu mensintesisnya. Dengan rasio 1: 3 dari Omega-6 dan Omega-3, lemak tak jenuh ganda tersebut sangat cocok untuk kesehatan optimal jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Omega-3. Omega 3 diperlukan dalam meningkatkan performa penglihatan dan otak pada perkembangan janin. Omega 3 juga menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan detak jantung yang tidak teratur, dan mengurangi tekanan darah. Hal ini juga menguntungkan bagi pembuluh darah dan penyakit jantung karena bisa menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol. Omega-3 juga bekerja sebagai pengencer darah alami. Dengan mengurangi konsistensi darah, komplikasi seperti stroke dan pembekuan darah akan dicegah.

Omega-3 bisa diubah menjadi leukotrien dan prostaglandin, suatu zat yang mengurangi rasa sakit dan peradangan. Lupus, penyakit Raynaud, rheumatoid arthritis, dan penyakit defisiensi imun lain bisa ditingkatkan.

Otak, yang 60% terdiri dari lemak, sangat membutuhkan omega-3 agar dapat berfungsi dengan baik. Para peneliti telah menemukan hubungan antara sedikitnya Omega-3 dalam gangguan tubuh dan suasana hati. Tampaknya, omega-3 membantu menormalkan masalah pada kesehatan mental karena memperkuat koneksi antar-saraf di otak.


Biji Fumayin Yang Bagus Dan Berkualitas

biji fumayin hasil sortir terbaik
Biji Fumayin MAHAL..., tapi memang berkualitas, mahal tak akan ada artinya dengan kepuasan yang kita dapat, ya ..seperti biji fumayin untuk burung kesayangan kita yang akan kita beli sangat mahal, sementara diluaran sana banyak yang menjual lebih murah.

Penting untuk anda yang akan membeli biji fumayin yang benar-benar berkualitas dan bagus, kami menjualnya dengan harga yang sesuai dengan kualitas dan barang yang kami punya atau kami jual, biji anti kopong, anti kotor dan sangat bersih, karena memang kami memberikan layanan yang terbaik terhadap pelanggaan-pelanggan kami khususnya para kicau burung mania.