canary stafford
Sejarah burung Kenari Stafford berawal sekitar tahu 1970-an  di Staffordshire Inggris. Pada saat itu sekelompok pecinta kenari  berkumpul untuk membicarakan tentang bagaimana menghasilkan burung kenari jenis baru dari hasil persilangan.

Pada waktu itu di harapkan adanya upaya mencetak jenis burung kenari Red Rose berukuran 5 inci dengan jambul yang sempurna.

Setelah itu dihasilkanlah burung kenari Stafford melalui hasil persilangan dengan kenari Gloster  dan burung kenari merah. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika Kenari Stafford ini memiliki cirri-ciri yang mirip dengan kedua induknya tersebut. Yaitu salah satu cirinya adalah kenari Stafford ini mempunyai Jambul (crest) seperti jambul pada burung Kenari Gloster yang disebut Corona. Sedangkan warna merah berasal dari kenari merah.

Pada tahu 1990 burung Kenari Stafford ini adalah salah satu kenari yang diterima menjadi kenari jenis baru di Inggris setelah Kenari Fife Fancy pada tahun 1950-an.

Burung Kenari Stafford ini mulai dikenal ketika Zoe Finn, keponakan dari seorang penggemar kenari terkenal di Inggris memperkenalkannya pada masyarakat Perry Hill, Birmingham, Inggris, pada tahun 1987.

Sedangkan ciri burung Kenari Stafford secara umum adalah memiliki warna yang lebih merah dan kepala berjambul  hasil perpaduan kenari Gloster dan kenari merah.  Akan tetapi saat ini sudah banyak burung Kenari Stafford  yang tidak berjambul (plaihead) dan memiliki warna yang beraneka ragam.

Kenari Stafford adalah jenis kenari dengan warna dasar merah mawar. Jenis ini adalah jenis kenari warna tetapi tidak semua kenari yang berwarna merah dan memiliki jambul adalah kenari stafford, ada juga silangan antara kenari gloster dengan kenari red factor.

Tentang Fumayin

 
Top