Baiklah mari kita bahas mengenai apakah biji Fumayin itu yang bisa membuat burung gacor dan cepat bunyi serta dapat meningkatkan reproduksi beternak maupun dapat membuat performa burung berkicau meningkat dalam berlomba dan mempunyai tenaga tambahan dalam bertarung.

Banyak beberapa pertanyaan yang menanyakan tentang efek fumayin atau hemp seed pada burung, karena apakah ada kekhawatiran bahwa biji  fumayin dapat membuat ketergantungan atau ketagihan (addictive).

Dulunya kami juga yakin hemp seed membuat ketergantungan, namun belakangan keyakinan itu sirna berdasar pengalaman penggunaan hemp seed pada burung dan sejumlah referensi tentang hemp seed di berbagai media / literatur online.

Yang jelas, struktur asam amino fumayin sangat berbeda dengan struktur asam amino pada ganja. 
Nah apalagi perbedaan sifat addictive antara fumayin dengan obat terlarang seperti sabu-sabu misalnya, jauh sangat berbeda.

Kalau fumayin bisa menambah semangat tempur burung lomba ataupun semangat kawin untuk burung penangkaran, maka pengaruh itu akan hilang ketika burung tidak mengonsumsi fumayin, tetapi tidak membuat burung ketagihan.

Hanya saja, karena fumayin itu pada dasarnya adalah “enak dirasa” oleh burung ( karena struktur asam aminonya ) maka ketika burung yang semula diberi fumayin lantas tidak diberi, akan terlihat gelisah, namun kegelisahan itu paling berlangsung 2-3 hari, setelah itu akan normal lagi.

Kegelisahan burung selama 2-3 hari karena distop pemberian fumayinnya, tidak akan membuat burung menderita ketagihan apalagi membuat burung kesakitan. 

Ini tentu beda dengan ketagihan manusia kepada sabu-sabu misalnya. Orang yang merasakan sakit karena ketagihan sabu-sabu, bisa sangat menderita dan bisa sampai kejemput nyawanya.

Tentang Fumayin

 
Top